Generasi Strawberry Julukan Remaja Saat Ini yang Terlihat Cerdas Nan Rapuh Hingga Buat Pelik Orang Tua

Bismillah, tulisan kali ini aku mau cerita tentang generasi strawberry.

Ada nggak sih yang pernah dengar frasa generasi strawberry?
Ada dong ya, atau mungkin udah akrab dengan frasa tersebut. Eh, atau malah belum pernah dengar atau sama sekali belum tahu ya generasi strawberry itu apa?

Yuk, kita bahas!
Stroberi, buah kecil, imut, nan indah. 🍓

Mengutip dari buku karya Prof. Rhenald Kasali yang berjudul "Strawberry Generation", mengungkap bahwa generasi stroberi adalah generasi manja zaman sekarang. Menurutnya, penamaan generasi stroberi sangat relevan dengan kondisi mental generasi zaman sekarang yang memiliki ide kreatif dan cemerlang, tetapi terlalu lemah, mudah menyerah, dan kehilangan nilai-nilai tradisional dalam diri.

Hematku ilustrasinya bisa seperti ini, generasi zaman dulu, orang-orangnya berani menyampaikan pendapat sekaligus mengambil resiko. Artinya mereka tidak hanya berani berujar, atau berani di awal saja. Tetapi, berani menghadapi tantangan yang ada pada proses hingga penyelesaiannya. Sementara, generasi zaman sekarang nampaknya mulai melemah dengan segala tantangan yang ada.

Lalu menurut Prof. Rhenald Kasali, "Generasi stroberi itu merupakan karakter orang yang punya daya juang. Mereka harus dididik untuk terbiasa menghadapi tantangan, bukan menghindarinya."

Nah, ujaran tersebut memberikan penekanan pada kata dididik yang itu berarti tugas kita semua untuk melatih diri atau melatih anak didik agar bisa kembali kuat menghadapi segala tantangan. Mendengar frasa generasi strawberry memang lucu, dan menarik untuk didengar. Tapi, tidak cemerlang untuk turut serta menjadi bagian generasi stroberi tersebut.

Mengapa generasi stroberi?
Bayangin buah stroberi yang tampilannya bagus, tapi dalamnya lembek. Sama dengan generasi sekarang yang selalu menomorsatukan urusan looks, penampilan, tapi gampang stres dan lemah mental. 
Generasi yang dikritik, down.
Dimarahin, baper.
Dikasih beban, kabur.
Persis kayak stroberi, imut, lucu, nan indah.
Tapi kalau ditekan dikit, bonyok dalemnya.

Daftar Rujukan
Kasali, Rhenald. 2017. Strawberry Generation.
https://pin.it/2jwjagy (link gambar🍓)

Komentar

Postingan Populer