Proses ~

Memulai sesuatu itu berat, tetapi diam tidak bergerak jauh lebih berat. Katanya usai satu jauh lebih plong, tapi kenyataannya tidak seperti itu. Keadaan selalu menuntut adanya rintangan, rintangan baru yang terus-menerus. Apakah kau tau? Jika saja memilih diam, tak ada solusi yang didapat. Malah rintangan itu menjadi kian berat.

Hufft.
Banyak di antara kita yang masih selalu berorientasi terhadap hasil. Padahal hasil tidak mungkin akan muncul jika tidak melalui proses. Cobalah kita belajar membuka mata, beralih dari pikiran dan tindakan yang keliru. Tanyakan sejauh mana prosesnya, semangati, dan jaga perasaannya. Jangan terlalu rasis membanding-bandingkan hasil karena prosesnya juga sudah jelas berbeda.

Proses kita yang berbeda, karena kita memang tak sama. Tak ada satupun makhluk di dunia ini yang bisa memiliki proses yang sama, bahkan si kembar sekalipun. 

"Nikmati saja prosesnya", ujaran santai banyak orang baik yang melekat sekali di kepalaku, sederhana tapi benar. Benar bahwa proses harus dinikmati, karena jika tidak, diri akan tenggelam dalam kekacauan.

Benar saja, akhir dari proses itu masih berlanjut berkelok-kelok, tapi itulah hidup. Ujung tombaknya sulit ditebak, tapi prosesnya akan indah jika dinikmati dan dijalani dengan bijak.

Jadi, semuanya bukan tentang awal dan akhir tapi ini semua tentang proses.🍃

Gambar by @valuevisualized

Komentar

Postingan Populer